Kekayaan Alam Indonesia Penopang Ekonomi Ramah Lingkungan

Oleh : Nida Helfira Hidayat (Siswi Kelas 7A_SMP IT Adzkia Sukabumi)

Kekayaan alam yang kita punyai itu, harus kita lestarikan, mengapa begitu? Karena kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga akan kekayaan alam yang kita miliki, tetapi tahun-tahun ini, banyak sekali daerah-daerah yang terkena banjir, terutama daerah Jakarta, sering sekali aku melihat orang-orang yang membuang sampah ke selokan, jalan raya dan ke sungai. Itulah yang mengakibatkan daerah kita terkena banjir. Agar daerah kita tidak terkena banjir lagi dan tetap terjaga, kita bisa memanfaatkannya sebagai barang kerajinan tangan yang menghasilkan nilai guna atau nilai suatu faedah.

Dengan bergotong royong dan bekerja sama membersihkan dan mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan di jalan maupun di sungai dan selokan, pasti impian untuk mewujudkan lingkungan yang bersih akan bisa tercapai. Agar banjir tidak terjadi lagi, makanya kita harus membuang sampah pada tempatnya, agar lingkungan tetap bersih.

Tetapi selain mengakibatkan banjir, ternyata buang sampah ke sungai atau ke selokan juga dapat terjadinya pencemaran yang mengakibatkan ikan-ikan akan mati oleh karena itu kita harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan kita, karena banyak sekali akibatnya dari membuang sampah sembarangan.
Selain membuang sampah sembarangan, penebangan hutan juga daat mengakibatkan banjir, jika tidak ada tanaman lagi atau pepohonan dan jika hujan turun, air tidak akan mampu diserap oleh pepohonan atau tanaman, karena tidak mampu diserap lagi terjadilah banjir. Terkadang ada orang yang menebang hutan / pohon lakukanlah reboisasi agar tidak terkena banjir lagi.

Selain akibatnya banjir, merebang hutan juga dapat mengurangi oksigen, karena tanpa adanya tanaman di dunia ini tidak ada oksigen, makanya kita harus sering-sering melestarikannya agar tetap bersih, terjaga dan membuat masyarakat nyaman terhadap lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, kekayaan alam yang kita punyai harus kita syukuri dan kita nikmati. Salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas alam untuk menopang terhadap penciptaan ekonomi ramah lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar